contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Senin, 24 Mei 2010

Berikut ini adalah kutipan soal UAS mata kuliah Psikologi Pendidikan 3 sks :

5

5 komentar:

  • psipddk3sks on 29 Mei 2010 pukul 17.21

    (UAS) 1. Marini, coba kamu uraikan dengan teori kognisi, bagaimana kamu sampai pada keputusan membangun blog dengan lau out demikian.

  • Blog MARINI on 3 Juni 2010 pukul 01.28

    1. Piaget membagi tahap perkembangan kognitif menjadi 4 bagian, yaitu tahap sensorimotor (0-2 tahun), tahap pra-operasional (2-7 tahun), tahap operasional konkret (7-11 tahun), dan tahap operasional formal (11 tahun ke atas). Saya berada di tahap operasional formal dimana di tahap ini saya sudah memiliki kemampuan abstraktis, idealis, dan mampu membayangkan kemungkinan-kemungkinan. Selain itu orang-orang yang berada pada tahap ini sudah mampu berpikir secara logis. Mereka menyusun rencana untuk pemecahan masalah dan secara sistematis menguji solusi. Secara pribadi, saya memiliki impian untuk menjadi seorang detektif yang mampu menyelesaikan masalah-masalah yang misterius. Layout saya yang bergambar peta harta karun menggambarkan diri saya yang senang dengan sesuatu yang misterius. Selain itu dalam tahap operasional formal ini juga terbentuk sedikit egosentrisme pada masa remaja atau disebut juga dengan adolescent egocentrism, dimana terdapat kesadaran diri yang tinggi pada remaja bahwa orang lain tertarik pada dirinya sebagaimana dia tertarik pada dirinya sendiri. Saya mengakui ketika saya memilih layout ini yang menjadi pertimbangan saya adalah layout ini lucu, unik, dan menarik. Saya yakin bahwa banyak orang yang akan tertarik ketika melihat layout saya.

  • psipddk3sks on 7 Juni 2010 pukul 14.07

    (UAS) 2. Coba jelaskan berdasarkan teori psikologi pendidikan sehubungan dengan janji saya untuk men-deliveri nilai namun belum terlaksana.

  • Blog MARINI on 12 Juni 2010 pukul 09.57

    Proses deliveri nilai yang belum terlaksana mungkin berlaitan dengan metode Teacher-Centered. Metode teacher-centered berfokus kepada perencanaan dan instruksi guru yang disusun dengan ketat. Dalam metode ini, guru yang mengarahkan pembelajaran pada murid. Ada 3 alat umum yang berguna dalam perencanaan teacher-centered yaitu menciptakan sasaran behavioral (perilaku), analisis tugas, dan menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional. Singkatnya, guru memberikan instruksi atau tes dengan menyusun sasaran behavioral murid, menentukan keahlian atau konsep yang diperlukan murid untuk mempelajari tugas, melihat pemahaman murid dalam memproses informasi dan menerangkannya dengan kalimat sendiri, atau dengan tujuan agar murid menggunakan pengetahuan untuk memecahkan problem di kehidupan nyata.

    Instruksi pelajaran teacher-centered inilah yang Ibu Dina gunakan dalam memberikan soal UAS kali ini. Ibu memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan isi blog, dimana isi dari blog mahasiswa psikologi sedikit banyak menggambarkan tentang kehidupan nyata dan kepribadian mahasiswa, kemudian Ibu mengarahkan kami untuk menghubungkan isi blog dengan teori psikologi pendidikan. Hal ini jelas menunjukkan bahwa Ibu memberikan sebuah konsep pertanyaan agar kami bisa memahami dan menjawab dengan kalimat kami sendiri. Kemudian Ibu harus mengevaluasi jawaban kami satu persatu. Mungkin hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat sehingga membuat proses deliveri sedikit terhambat.

  • psipddk3sks on 15 Juni 2010 pukul 08.14

    Marini, jawaban untuk no.1 cukup menarik. Dan sesungguhnya untuk jawaban no. 2 mustinya masih bisa lebih baik pembahasannya. Dan hal yang perlu diketahui bahwa posting jawaban no. 2 mu lewat dari tanggal yang disepakati.
    Skor UASmu ini 70 ya.

  • Posting Komentar

    Followers